Tuesday, August 28, 2012

Decoratif Painting

Tentang Karya Decoratif Yanik

Bermain dengan motif, pola atas motif, ornamen serta kaligraphy adalah aktivitas  umum dan mentradisi dalam budaya Hindu Bali. Dan sejak dini yanik sudah mengenalnya seperti pembuatan sarana dan praserana ritual serta ornament arsitektur bali.
 Sejak  tahun 2000an,  yanik lebih serius mengeksplorasi motif dan ornamen ini baik hanya sebagai background karya maupun obyek utama karya. Seperti halnya dengan seni decoratif umumnya , tujuan utamanya adalah lbih cendrung untuk menghias atau sebagai salah satu elemen mendekorasi ruangan. Sehinggga dalam karya karya ini banyak ditemukan permainan  warna  yang ditujukan untuk memberi  pilihan dalam  mengharmoniskan penataan interior.

Terlepas dari definisi dan fungsi karya dekoratif ini, yanik mempunyai cerita sendiri tentang latar belakang karya karya ini; 
Berawal dari perenungan atas pola  kehidupan dan bahkan  pola  jagatraya ini. Yanik mendapatkan  bahwa elemen yang paling sering dia temukan adalah lingkaran (bulatan) serta pengulangan. Seperti: Siklus putaran jam, hari, bulan, tahun bahkan abad. Rotasi planet-planet angkasa luar yang terpola dengan rapi. Bahkan benda benda tersusun dari pola tertentu dari partikel terkecil “atom” yang berbentuk bulat.

Konsep lingkaran dan pengulangan terpatri kuat dalam hati dan logika pikirannya. Memberikan banyak pengaruh dalam kesadaran akan hidupnya. Dia yakin hidup itu sepeti putaran roda. Dia yakin untuk mencapai hasil maksimal harus dengan terus mengulang. Bahkan kekuatan maha dashyat dia yakini terjadi karena pengulangan.
Pengulangan berarti lingkaran dan lingkaran terjadi ketika ujung dan pangkal bertemu. Pertemuan ini akan membentuk sebuah bidang geometris.

Konsep ini lalu dia coba visualkan dalam bentuk lukisan. Dalam karya-karyanya ini banyak ditemukan Berbagai motif geometri seperti segitiga, bujursangkar dll yang menurutnya adalah lingkaran dalam bentuk lain. Serta motif dan pola motif adalah bentuk dari pengulanngannya.

Terima Kasih dan silahkan klik disini untuk melihat karya decoratif yanik.
www.yanikart-decoratif.blogspot.com 

 "Offering" 35 x 35 cm

No comments:

Post a Comment