Tuesday, August 28, 2012

Contemporary Painting

Tentang karya Contemporary Yanik

Jenis karya ini sudah lama dia kerjakan, tetapi hanya sebagai cacatan kecil yang mudah hilang.  Karena memang sifatnya hanya untuk sementara,  lebih banyak berupa sketsa untuk  menumpahkan kegerahannya atau sekedar menghibur diri. Maka karya ini jarang dia simpan. Baru berani yanik geluti mulai tahun 2010 ini. Itupun dia lakukan disela-sela kesibukannya dengan lukisan komersial yang bertemakan landscape dan decoratif.

Ide dan tema karya datang dari mana saja dan kapan saja, lebih banyak mengekspresikan apa yang dia lihat dan atau alami tentang kejadian disekelilingya. Terutama hal-hal yang menggelitik dan mengundang seyum, juga mengkritisi kejadian atau tradisi masyrakat yang terpaksa  mengikuti perkembangan jaman. Dengan mengutamakan kekuatan ide dan gagasan, yanik berusaha mengekspresikannya dengan konsep sederhana dan minimalis agar mudah dimengerti maksud dan tujuannya.

Dan tema contenporer mungkin lebih mendekati untuk merangkul karya-karyanya ini, karena ide dan gagasan yang bersifat kekinian, juga kebebasan dan kejujuran yang lebih diutamakan terlepas dari tehnik Lukisan Style Batik yang dia gunakan.

Untuk melihat karya dan idenya ini silahkan kunjungi; www.yanikart-contemporary.blogspot.com

"Penjilat" 120 x 80 cm

No comments:

Post a Comment